Oleh : Ibnu Anwar
(Mahasiswa)
Mediaoposisi.com-Islam adalah agama dakwah. Apa jadinya islam tanpa dakwah?. Tentu islam tidak akan tersebar hingga ke negeri ini. karena jika sahabat Rasulullah mencukupkan ilmu islam itu hanya pada dirinya.

Berdakwah hakikatnya menirukan perbuatan Nabi, dia menyeru kepada kebaikan dan mencegah dari segala bentuk kemaksiatan, Alangkah mulianya para pengemban dakwah.

Karena mereka tidak hanya berfikir tentang diri dan keluarga mereka semata tetapi juga memikirkan kondisi umat ini secara umum dan berusaha untuk memperbaikinya. Meski kadang kondisi dirinya tidak lebih baik dari orang lain. tetapj itu semua dilakukan demi perintah Allah SWT.

لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم

"Satu orang yang diberikan petunjuk oleh Allah atas jalan dirimu, maka (pahalanya) lebih baik dari unta merah".

Dakwah adalah poros kehidupan kita, hidup matinya islam ini sangat tergantung kepada dakwah karena tanpa dakwah islam akan mati cepat atau lambat. Dengan dakwah ini islam akan senantiasa jaya dan mulia.

Bahkan saking mulianya dakwah sampai para pengemban nya di janjikan oleh Allah akan mendapat pertolongan dan akan di teguhkan oleh Allah kedudukan nya.

ياأيهاالذين آمنوا إن تنصروالله ينصركم ويثبت أقدا مكم

"Jika kalian menolong agama Allah maka dia akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukanmu" (QS. Muhammad : 7)

Apakah kita masih mau berleha leha setelah janji keutamaan terpapar diatas?. Amatlah rugi kita, ketika Allah memberikan kesempatan pada tiap kita dengan kesempatan yang sama, namun kebanyakan dari kita engan menggunakannya tuk aktivitas aktivitas surga.
  
lebih spesifik lagi Allah telah memberi garansi serta menyematkan umat islam sebagai umat terbaik tatkala mereka mau melakukan dua hal saja, yaitu mengajak manusia pada kebaikan sekaligus mencegahnya terjerumus ke dalam kubangan kemungkaran.

Allah SWT berfirman dalam kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya:

"Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan ditengah manusia, kalian mengajak pada yang makruf dan kalian mencegah dari yang mungkar, merekalah orang orang yang beruntung"
  
Kesimpulanya Predikat umat terbaik, yakni umat yang menjadi panutan bagi umat lainnya, umat yang menguasai dunia, menjadi representasi dari sebuah peradaban yang maju, umat yang mandiri dalam semua lini, yang terbebas dari cengkeraman dan hegemoni asing penjajah. Itulah umat yang sempurna jauh diatas umat lainnya. hanya dan akan bisa kita dapatkan dengan dua pra syarat di terjemahan ayat di atas.

"Mencegah kemungkaran, Mendorong kemakrufan" atau bisa kita simpulkan bahwa dengan dakwah semua kemuliaan kita dapatkan bukan hanya kemuliaan hidup di dunia bahkan kemuliaan tertinggi yang menjadi tujuan hidup manusia, yaitu pertemuan dengan Allah SWT dalam surganya kelak.[MO/db]

Posting Komentar