Oleh: Mochamad Efendi
Mediaoposisi.com-Penyebaran bisnis narkoba di kalangan artis menggurita begitu luar biasa. Hanya dalam satu bulan saja tertangkap 9 artis yang terjerat kasus narkoba.
Mulai dari komedian Nunung sampai pemain film layar lebar, Jeffri Nichol yang nampak sukses dalam hidupnya. Dia tampak keren dan baik sehingga banyak penggemarnya.
Namun banyak penggemarnya kecewa karena sosok yang dianggap sempurna itu,  ternyata dia adalah pecandu narkoba. Ketenaran dan harta benda tidak membuat para artis bahagia dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang stress dalam menghadapi tekanan hidup.
Pekerjaan berat artis serta usaha menjaga penampilan agar tampak selalu sempurna dihadapan penggemarnya membuat mereka tertekan. Sementara mereka bergelimang ketenaran dan banyak uang sehingga mereka menjadi target menarik bagi bisnis haram ini, pengedar narkoba. Lalu bagaimana bisnis haram ini bisa dihentikan?
Pertama, kemauan kuat dari pemerintah untuk menghentikan peredaran narkoba. Untuk menghentikan peredaran narkoba, pengedarnya harus ditangkap atau bandar narkoba harus dihukum berat.
Mereka harus dihukum mati dan eksekusi hukuman mati harus disiarkan secara terbuka sebagai bukti keseriusan aparat dalam menangani kasus narkoba serta memberikan efek jera pada yang lain untuk menghentikan bisnis haram ini.
Selama ini yang tertangkap oleh aparat adalah pengguna narkoba yang menjadi korban dari mengguritanya bisnis narkoba. Mereka adalah orang-orang bermasalah dalam hidupnya dan menjadikan narkoba sebagai pelariannya. 
Sumber dari penyebaran narkoba harus segera ditutup sehingga tidak ada lagi narkoba yang akan mendekati mereka yang sedang punya masalah dalam hidupnya. Jika ada pengguna narkoba, pasti ada pengedar yang menyediakan barang haram ini.
Jika ada kemauan dari aparat pasti mereka semua bisa tertangkap sampai sumbernya. Dari pengguna narkoba tadi, investigasi bisa dimulai dan ditelusuri sampai sindikat jaringan narkoba ini bisa terungkap dan ditangkap semua yang terlibat.
Mereka layak dapat hukuman berat, mereka tidak ada lagi ruang bagi sindikat  bisnis narkoba bisa hidup di negeri ini. Kemauan dari pemerintah dan aparat untuk melindungi generasi dari narkoba adalah bagian penting dari keberhasilan menumpas habis sindikat narkoba. 

Kedua, para artis harus hijrah menuju Islam kaffah. Mereka yang hijrah mempunyai benteng kuat untuk menghalau bujukan syaitan untuk menggunakan barang terlarang ini karena pemahamannya akan menolaknya.
Iman dan aqidahnya yang kokoh menjaganya dari narkoba. Mereka yang hijrah akan mendekatkan diri kepada Allah saat menghadapi masalah dengan sabar dan sholat sehingga mereka mendapatkan solusi atas permasalahan yang  dihadapi dan mendapatkan ketenangan hidup. 
Berbeda mereka yang kering akan nilai agama dan memuja materi dan ketenaran. Hidup tidak tenang dan resah setiap saat.  Mereka bingung tidak punya pegangan, tidak tahu apa yang dilakukan saat menghadapi masalah. Hatinya yang tidak pandai bersyukur atas nikmat Allah akan merasa hidupnya yang paling menderita.
Mereka lari dari kenyataan hidup dengan menjadi pengguna narkoba. Hidup, karir dan keluarganya  hancur dan yang ada tinggal penyesalan karena mereka jauh dari agama. 
Gerakan hijrah di kalangan artis harus diapresiasi dan didukung. Jangan malah ditakuti dan dihadang karena dianggap menyebarkan pemikiran radikal. Justru, mereka dipahamkan untuk istiqomah di jalan lurus dan tidak tergoda dengan narkoba yang akan merusak hidup dan karir mereka.
Sikap paranoid penguasa terhadap gerakan kembali pada Islam hanya akan membuka pintu penyebaran narkoba di kalangan artis. 
Ketiga, ganti demokrasi dengan sistem Islam karena hanya sistem Islam yang akan mampu menghentikan laju penyebaran narkoba. Islam akan bertindak tegas dan tidak memberikan ruang bagi penyebaran narkoba. Generasi cemerlang dan bebas narkoba akan tumbuh subur dalam sistem Islam. 
Sistem Islam sangat peduli dengan rakyatnya. Generasi yang berkepribadian Islam menjadi prioritas dan tujuan dalam pendidikan. Membangun generasi unggul yang berkepribadian Islam akan benar-benar tercapai dengan sistem Islam. Para artis menjadi publik figur yang menginspirasi generasi untuk menjadi lebih baik.
Oleh karena itu mereka harus baik dan bebas narkoba karena Mereka adalah model yang sering ditiru dan jadi panutan bagi yang lain, terutama remaja yang suka mengidolakan artis. Sehingga, penting sekali untuk membentuk komunitas hijrah bagi para artis sehingga mereka juga bisa mengajak masyarakat pada umumnya untuk berbuat lebih baik.
Perubahan masyarakat ideal agar segera terwujud jika para artisnya baik dan bertaqwa. Perilaku buruk yang selama ini ditunjukkan oleh artis tidak akan bisa ditemukan dalam sistem Islam. Karena penguasa tidak abai dalam membentuk kepribadian para artis.
Mereka adalah aset yang bisa membentuk masyarakat pada umumnya mengingat mereka punya daya tarik yang bisa merubah masyarakat menjadi lebih baik. [MO/sg]

Posting Komentar