Oleh : Nur Azizah
(Aktivis Dakwah Muslimah Jakarta Utara)

Mediaoposisi.com-Baru-baru ini Indonesia sedang dihebohkan dengan pemberitaan seorang pesulap terkenal yang memutuskan untuk berpindah agama menjadi seorang Muslim atau sebutan kerennya mualaf. 

Siapa yang tidak kenal dengan pesulap ternama yang sukses merambah dunia magic di Indonesia. Ya, dia adalah Deddy corbuzier. 

Pemilik nama lengkap, Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau lebih dikenal sebagai Deddy Corbuzier adalah seorang mentalis yang populer di Indonesia. Ia adalah seorang pesulap profesional keturunan Tionghoa. 

Dan beliau telah mencetak banyak sekali magician ternama, sebut saja Bow Vernon, Oge Arthemus, Demian Aditya dan lain-lain. Tepat tanggal 21 Juni 2019 Deddy Corbuzier resmi mengucapkan dua kalimat syahadat.

Sungguh mengejutkan pasalnya tepat usai sholat jum’at Deddy Corbuzier menginjakkan kaki di Masjid Al-mbejaji Pondok Pesantren Ora Aji Sleman, Yogyakarta yang diasuh oleh sahabatnya KH Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa dipanggil Gus Miftah. 

Di mana masjid tersebut menjadi pusat perhatian jamaah Yogyakarta dan bahkan tokoh-tokoh masyarakat seperti Kapolda DIY yang ikut serta menghadiri prosesi Deddy Corbuzier memeluk agama islam.

Bahkan Gus miftah sendiri yang menuntun Deddy Corbuzier untuk melantunkan dua kalimat syahadat dengan khidmat. Yang ternyata selama dua tahun belakangan ini Deddy sendiri memang sering mendekati ustad-ustad untuk mengetahui tentang islam secara dalam, dan pada akhirnya sekitar delapan bulan kemarin deddy mulai tertarik dengan ajaran islam, sejak Gus miftah saling bertukar pikiran mengenai ideologi dengannya. 

Yang ternyata Deddy sendiri benar-benar tertarik dengan islam karena sikap toleransi yang di perlihatkan oleh Gus Miftah yang memiliki sosok ramah, humoris, dan tidak memandang ideologi. “selagi tidak saling mengganggu ketika sedang menjalankan kewajiban itu sih tidak masalah”, Ujar Gus miftah. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu dasar seorang Deddy untuk memeluk agama islam.

Deddy yang selalu berpikiran positif tentang islam karena Gus miftah yang telah mencontohkan islam itu sebagai agama yang indah dan tidak mengekang bukan radikal seperti yang Ia dengar dan lihat akhir-akhir ini.

Keputusan Deddy untuk menjadi seorang mualaf sangatlah mantap setelah perjalanan panjang yang Ia tempuh untuk mengenal islam lebih jauh dan di luruskan langsung oleh Gus miftah yang memberi sedikit arahan kepada Deddy untuk meyakinkan dia bahwa islam adalah agama yang sempurna serta memantapkan beliau untuk menjadi seorang mualaf.

“Alhamdulillah Deddy Corbuzier telah sah memeluk agama islam. bukan karna konten apalagi wanita, tapi karna Ia mendapatkan hidayah”, tegas Gus miftah, jum’at (21/6/2019) 

Setelah beliau menuntun Deddy melafadzkan dua kalimat syahadat yang disaksikan dihadapan sekumpulan jamaah di Yogyakarta. Sampai acara penuntunan mengucapkan dua kalimat syahadat di siarkan secara langsung oleh media massa bahkan ke media sosial.

Usai mengucapkan dua kalimat syahadat Deddy langsung memeluk Gus miftah serta para jamaah yang berada di masjid sampai di sekitaran masjid tersebut bersorak mengumandangkan takbir "Allahu Akbar" sebagai tanda rasa syukur karena Deddy telah sah memeluk agama islam. Lalu, beberapa orang bersalaman dengannya. Indahnya islam tanpa bingkisan berita hoax.

Jika kita flashback ke kisah sahabat nabi di mana dia adalah seorang saudagar kaya raya, jujur dan juga berakhlak mulia. Beliau adalah orang kedua setelah Nabi Muhammad SAW yang dipercaya di Makkah. 

Dikutip dari buku The Great Story of Muhammad, kisah awal masuknya abu bakar ke dalam islam ketika mendapatkan kabar dari tetangganya tentang Muhammad menjadi nabi, sepulang dia ke makkah usai pulang berdagang.

Sebelumnya Berita tentang dakwah Islam memang sudah diketahui oleh orang-orang Quraisy meski Nabi Muhammad melakukannya dengan sembunyi-sembunyi. Itu terjadi setelah mereka melihat beberapa kejadian.

Menurut penuturan Muhammad Al Ghazali, kendati kabar tentang dakwah Islam telah menyebar, namun kaum Quraisy masih tak peduli. Mereka menduga bahwa Nabi Muhammad sama seperti Umayyah bin ash-Shallat, Qus bin Sa'idah, Amr bin Nufail dan lainnya yang peduli terhadap urusan agama. "Muhammad mengaku menjadi Nabi.

Ia meminta kita untuk tidak menyembah berhala lagi, tapi kita tak akan pernah meninggalkan berhala-berhala kita," kata para tetangga Abu Bakar.

Lalu kemudian mereka meminta Abu Bakar untuk menemui Nabi Muhammad. "Kami telah menanti-nanti kedatangan mu. Temui Muhammad dan lakukan apa pun yang engkau sukai!".

Abu Bakar tercengang mendengar itu. Dia bergegas pergi menuju ke kediaman sahabatnya, yaitu Rasulullah. Setibanya di sana dia disambut Rasulullah dengan senyum mengembang. Abu Bakar langsung mencecar Beliau dengan pertanyaan.

"Wahai Abu Qasim, apa benar engaku telah mengaku sebagai nabi kepada orang-orang di sini? Apa benar engkau tidak mau menyembah berhala dan tidak akan memeluk agama penduduk Makkah?" tanya Abu Bakar. Dia biasa memanggil Nabi Muhammad dengan 'Abu Qasim' yang artinya 'ayah Qasim'. Qasim adalah salah satu putra Rasulullah.

"Betul, Abu Bakar. Aku adalah seorang nabi yang diutus untukmu dan semua manusia. Aku ingin semua manusia beriman dan menyembah Allah Yang Esa. Aku ingin engkau juga beriman," jawab Rasulullah penuh kehangatan.

Abu Bakar menyimak dengan cermat apa yang diucapkan Rasulullah. Tidak sedikit pun keraguan ada di dalam dirinya. Dia yakin, perkataan itu benar karena Rasulullah tidak pernah bohong. Tanpa banyak bicara, Abu Bakar langsung bersyahadat.

"Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah".Rasulullah terlihat gembira usai Abu Bakar berikrar. Beliau peluk dengan erat tubuh Abu Bakar. Kini, bertambah lagi manusia yang memeluk Islam dan itu adalah Abu Bakar, sosok yang sangat dihormati di Makkah.

Dan kali ini kembali terjadi lagi, yaitu seorang Magician terkenal dan terpopuler resmi berikrar untuk masuk islam. Begitulah islam. Tidak ada yang buruk di dalamnya melainkan segala sesuatunya telah di atur serapi mungkin. Membawa Rahmat kepada siapapun pemeluknya. Mari sama-sama kita doakan agar beliau di istiqomahkan di jalan Allah.

Siapapun dia, dia saudara kita dan sekarang sudah seiman dengan kita. Bersama-sama melanjutkan perjuangan dakwah islam. Demi tegaknya kembali Khilfah Islamiyyah. Aamiin yaa robbal alaamiin.
[MO/vp]

Posting Komentar