Gambar: Ilustrasi
Oleh : Tesya Ridal S.T

Mediaoposisi.com-Tak paham maka tak cinta, sepertinya pribahasa ini pantas untuk menggambarkan sebagian umat yang sangat membenci khilafah bahkan menganggap khilafah sebagai ideologi terlarang. Seperti yang dikutip dari VIVA.co.id., dosen filsafat Universitas Indonesia, Dhony Gahral Adian, mengatakan bahwa paham khilafah memang bertentangan dengan Ideologi bangsa yaitu pancasila.

Mempertentangkan Khilafah dan Pancasila sudah tepat dan akurat, sebab Pancasila merupakan Ideologi bangsa bukan keyakinan. ”Khilafah sebagai Ideologi politik yang mengganti Pancasila sebagai pemersatu bangsa kita tolak,” ujarnya. (31/3/19)

Padahal, khilafah merupakan sistem politik Islam yang termasuk ke dalam mu’amalah. Dengan berdirinya sistem politik Islam atau Khilafah ini maka hukum Allah-lah yang diterapkan. Hukum Allah yang berasal dari Al-Quran dan Assunnah ini bukan hanya memberikan keselamatan di dunia tapi juga di akhirat. Yang pasti, akan ada keadilan dengan penerapan sistem Islam ini karena peraturan yang diterapkan jelas sumbernya yaitu dari Allah sang Maha Pencipta sekaligus Maha pengatur yang ilmu-Nya tidak terbatas.

Sebaliknya, manusia memiliki sifat yang terbatas. Jangankan untuk menciptakan hukum. Manusia tidak akan mampu menjamin apa yang terjadi pada dirinya sendiri.

Berkaitan dengan penerepan hukum Allah, telah ada penjelasan di dalam Al-Ma’idah ayat 50 yang artinya, “Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?” Seharusnya seseorang yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya memiliki keyakinan yang penuh dengan apa yang sudah dia pilih yaitu Islam. Yakin bahwasanya hanya Allah sebagai pencipta dan juga yakin bahwa Allah sebagai pengatur yang peraturan-Nya akan menyelesaikan segala problematika yang ada.

Yakin bahwa peraturan Allah itu akan memeberikan keadilan, yakin bahwa peraturan Allah satu-satunya yang akan menyelamatkan kita di dunia maupun di akhirat. Maka sebaiknya, pahami dulu apa itu Khilafah atau Sistem Islam. Jika sudah paham bukan hanya cinta yang akan tumbuh tapi rela berjuang demi mengharapkan Ridho-Nya. Wallahu a’lam bissawab. [MO/ms]   

Posting Komentar