Vongola Primo
(Mafia Jurnalis)

Mediaoposisi.com-Kejujuran lembaga survei menjelang pemilihan presiden bulan depan semakin sangat diragukan, karena banyak sekali survei yang aneh bahkan tidak sesuai pada realitas yang terjadi.

Ada kecurigaan lembaga survei lebih berpihak kepada pihak yang menggunakan jasa mereka dan mengabaikan fenomena yang berkembang di tengah masyarakat.

Salah satu yang paling disoroti publik adalah Lingkar Survei Indonesia (LSI) yang dipimpin Denny JA.

Tokoh nasional Rizal Ramli dalam twitnya barusan juga menyoroti kinerja LSI pimpinan Denny JA ini.

“Mas Denny JA daripada mengumumkan survei asal-asalan dan “voodoo statistics”, lebih baik umumkan Jokowi unggul 99,9% kepalang basah,” sindir Rizal.

Pilihan Redaksi
Kartu Sakti, Solusi Kongket Tingkatkan Elektabilitas Jokowi
Sumpah Pocong Wiranto, Haris : Katak Dalam Tempurung Lapis Tujuh.

Komentar singkat RR ini menanggapi sebuah artikel yang ditulis peneliti Pergerakan Kedaulatan Rakyat, Tri Wibowo Santoso. Artikel yang viral itu membandingkan lembaga survei politik dengan Menteri Propaganda Nazi Jerman Joseph Goebbels.

Dalam artikel itu, penulis menyoroti hasil survei di dalam beberapa pemilihan kepala daerah yang jauh dari hasil penghitungan suara.

Seperti yang terjadi dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Hasil survei Denny JA meleset jauh dari hasil pemungutan suara. [MO/vp]

Posting Komentar