Oleh : Rizkya Amaroddini
                                                     (Mahasiswi STEI Hamfara)

Mediaoposisi.com-  Moralitas di Negeri ini sungguh miris. Sudah banyak peristiwa menunjukkan bahwa individu-individu sudah jauh dari adab. Seharusnya orang yang lebih muda itu menghormati yang lebih tua begitu pula sebaliknya, orang yang lebih tua menyayangi yang lebih muda. 

Namun era millennial menunjukkan adab tak berlaku justru adab  mulai luntur dan sirna. Kita lihat saja sudah berapa banyak kejadian siswa yang menantang bahkan menganiaya gurunya.

Fakta pun sudah beredar di media sosial seperti di lansir dari konferensi pers Polsek Waringin Anom di Facebook Yuni Rusmini menunjukkan Nur Khalim dan AA bersama untuk proses perdamaian, Minggu (10/2/2019)

 Hal ini menuai kritikan dari masyarakat pasalnya seluruh guru-guru pun merasa jenggah jika siswanya bersikap seperti itu. Tak menyangkal perdamaian pun telah usai, namun masalah yang perlu di perbaiki bukan sekedar selesainya sebuah perdamaian tetapi bagaimana mengentaskan moralitas yang kian menurun.

Sudah berapa kejadian yang menimpa Negeri ini terkait moralitas. Apakah penanganannya membuat jera yang lain ?  Faktanya tidak sama sekali.

Apa yang bisa di unggulkan dari siswa jika adab kepada guru saja tidak di wujudkan, hanya sekedar wacana dalam pembelajaran. Guru pun tak akan setega itu memberikan hukuman jika siswa tidak mulai membuat masalah. Banyak kasus yang terjadi namun penyelesaian tidak mengentaskan persoalan yang meresahkan ini. [MO/ra]

Posting Komentar