Oleh: Maryatiningsih 
(Ibu Rumah Tangga) 

Mediaoposisi.com- Tahun 2018 telah berlalu dengan catatan kesedihan yang sangat komplit bagi umat islam. Kedzaliman demi kedzaliman, kedurhakaan demi kedurhakaan terjadi di negeri ini,hingga mengundang berbagai peringatan dari Allah Swt.

Sepanjang tahun 2018, isu stratejik nasional diwarnai berbagai peristiwa baik yang berdimensi sosial, ekonomi maupun politik, yang mana perlu menjadi perhatian dalam mengefektifkan kesinambungan pembangunan.

Kini, negara harus dipastikan bahwa isu menonjol seperti bencana alam, pemanfaatan sumber daya alam, dan stabilisasi politik penting untuk menjadi bahan “assessment”, sekaligus untuk menentukan opsi-opsi kebijakan akan datang yang bernilai tinggi bagi perbaikan kesejahteraan, keadilan dan keamanan nasional.

Dalam dimensi sosial, tantangan terbesar yang dihadapi selama 2018 adalah banyaknya bencana alam, seperti gempa bumi dan tsunami yang merenggut nyawa ribuan orang. Tahun ini seperti jadi tahun penuh duka bagi bangsa Indonesia mengingat banyaknya bencana massif mencakup kecelakaan transportasi udara dan laut yang menjadi catatan kelam sekaligus peristiwa yang sangat mematikan

Allah berfirman dalam Qur'an surat Ar'Rum: 41 yang artinya " Telah nampak kerusakan di darat dan dilaut di sebabkan perbuatan tangan manusia Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali kejalan yang benar"

Dengan ayat tersebut kita bisa muhasabah diri dan introspeksi bahwa Allah memperingatkan kita untuk selalu berada di jalan yang benar,serta tidak boleh mengabaikan hukum - hukumNya,tetapi abaikanlah kapasitalis demokrasi yang masih di emban dan  sumber kerusakan negeri ini.

Maka kembalilah pada sistem islam kaffah yaitu Al'Qura dan Sunah yang mengatur semua aspek kehidupan. Karena Allah berfirman dalam Qur'an surat Al A'raf :96,supaya kembali pada aturan yang Allah tetapkan. " dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertaqwa pasti kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi".[MO/sr]

Posting Komentar