Oleh: Mochamad Efendi


Mediaoposisi.com-Anjloknya Harga hasil pertanian, kelapa sawit, sebenarnya bukan masalah baru. Turunnya harga hasil pertanian sangatlah merugikan petani. Saat panen tiba harapan petani bisa menghasilkan hasil panen yang melimpah dan harga tetap stabil sehingga petani bisa memperolah keuntungan seperti yang diharapkan.

Pemerintah harusnya belajar dari pengalaman apa saja yang menyebabkan hasil pertanian bisa turun sehingga perlu intervensi untuk melindungi petani. Jangan sampai petani rugi sehingga tidak lagi menanam sawit lagi padahal sawit dibutuhkan sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng.
Jangan sampai karena pemerintah tidak mau bersusah payah melindungi petani  lalu menyarankan petani sawit untuk menanam jengkol dan petai. Sungguh gurauan yang tidak lucu karena dilakukan oleh seorang pemimpin nomor satu di negeri ini.
Bagaimana tidak permasalahannya adalah anjloknya harga kelapa sawit, malah petani disuruh menanam jengkol dan petai. Jika pernyataan presiden ini kita anggap serius, untuk mengganti Jenis tanaman butuh biaya dan waktu yang cukup lama.
Dan tidak ada jaminan nanti ketika panen, harga jengkol dan petai akan tinggi seperti yang diharapkan. Sungguh lelucon yang tidak lucu. Petani butuh solusi jitu dari pemerintah saat harga sawit jatuh agar mereka tidak mengalami kerugian.
Untuk melindungi rakyat pemerintah harus turun kebawah dan mencari penyebab anjloknya harga hasil pertanian. Pemerintah tidak boleh hanya diam, mengamati dan memberi saran saja.
Pemerintah harus bertindak dan menyelesaikan permasalahan ini setelah menemukan penyebab anjloknya harga hasil pertanian. Jangan hanya jadi pengamat, namun urusi kepentingan rakyat dan lindungi mereka dari berbagai ancaman yang akan merugikan mereka.  
Pemerintah mempunyai berbagai pakar dibidanganya pasti bisa menemukan solusi tepat untuk berbagai masalah yang dihadapi rakyat termasuk turunya harga kelapa sawit.
Pemerintah jangan hanya pandai melakukan pencintraan dengan blusukan masuk pasar, namun ketika rakyat butuh bantuan tidak bisa melakukan apa-apa.
Sungguh pemerintah mempunyai kekuasaan dan kekuatan yang bisa melindungi rakyat kecil. Berpihaklah pada rakyat kecil yang butuh perlindungan. Jangan berpihak pada cukong dan pemilik modal yang tidak butuh perlindungan dari pemerintah. Jangan menjadi negara kapitalis yang hanya berpihak pada kepentingan pemilik modal asing dan aseng.
Pemerintah jangan takut menggunakan kekuasaannya untuk melindungi rakyatnya. Pemerintah harus memposisikan sebagai pelindung rakyat dan mengurusi seluruh urusan rakyat. Ide neo-liberalisme harus  dicampakkan dan jadilah pihak yang mengurusi urusan rakyat sehingga rakyat menjadi aman dan bisa hidup sejahtera.

Posting Komentar