Oleh: Evalasari, S. Pd.

Mediaoposisi.com- Baru-baru ini tersebar berita mengenai umat Islam di Indonesia yang kerap kali menjadi perbincangan. Seperti yang kita ketahui pemerintah selalu mengopinikan adanya radikalisme di tubuh umat Islam. Hasil penelitian Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) Nahdlatul Ulama yang baru-baru itu kembali dikemukakan oleh Badan Intelijen Negara atau BIN.

Diketahui BIN mengemukakan kembali soal penelitian yang dilakukan P3M NU pada 29 September 2017 hingga 21 Oktober 2017, hasil survei di ceramah masjid salat Jumat di lingkungan pemerintah selama empat pekan. Hasilnya, ada 41 masjid dari 100 masjid yang disurvei yang dianggap terpapar radikalisme dengan merujuk pada penceramahnya. Nampak terlihat dengan adanya penelitian tersebut pemerintah memperlihatkan kepanikannya, karena bangkitnya umat Islam yang mulai bersatu dan memahami Islam secara menyeluruh sehingga terus mencari celah untuk menyudutkan umat Islam dengan berbagai cara.

Umat Islam harus paham dibalik propaganda radikalisme yang selalu dihembuskan kepada umat Islam, bahwa umat Islam dibuat takut dengan ajaran Islam itu sendiri, ketika ada yang mengkaji atau membicarakan Islam sesuai Al Quran dan Sunnah tidak ada yang ditutupi menyampaikan Islam secara menyeluruh dicap dengan Istilah radikal versi mereka.

Sehingga umat Islam takut dengan Islam itu sendiri. Padahal apa yang harus ditakutkan dari hukum-hukum Allah, toh kita semua adalah makhluk Allah yang harus tunduk kepada-Nya. Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari radikal adalah “ Secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip)” dan arti dari radikalisme adalah “Paham atau aliran yang radikal dalam politik; paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan social dan politik dengan cara kekerasan atau drastis”.

Berdasarkan dari arti radikalisme tadi nampak terlihat jelas bahwa umat Islam tidak seperti yang dituduhkan apalagi membuat kegaduhan dan kekerasan. Kita harus memahami bahwa Islam adalah ajaran yang penuh dengan kebaikan dan menjadi solusi dari seluruh permasalahan yang muncul sekarang ini.

Posting Komentar