Oleh : Al Azizy Revolusi

Mediaoposisi.com-Wajib disadari oleh kaum Muslim bahwa anak-anak dan pemuda Muslim tengah menjadi sasaran sekularisasi Barat yang mengemban ideologi Kapitalisme.

Barat tengah merancang strategi dan menyusun program untuk merebut hati dan pikiran anak-anak dan pemuda Muslim agar setia pada ide-ide sekuler, nilai liberal, cara hidup barat dan sistemnya.

Program deradikalisasi yang difokuskan pada anak-anak dan pemuda Muslim, sekularisasi kurikulum pendidikan, budaya sosial liberal yang terus dipromosikan oleh media dan industri hiburan, bisnis _e-commerce_ dengan difasilitasi pemerintah adalah sejumlah program mereka untuk mengubah posisi dan merusak vitalitas pemuda Muslim.

Agenda-agenda ini berdampak pada kerugian yang amat besar bagi kaum Muslim. Karena itu kita wajib mengembalikan posisi dan peran penting generasi muda Muslim dalam peradaban Islam.

Mereka harus menjadi pribadi Muslim sebagai penjaga Islam dan menjadi ujung tombak perubahan. Seluruh umat harus bergerak melakukan tugas ini hingga gambaran pemuda Muslim tersebut bisa tercapai dengan izin Allah.

Saat Rasulullah_ Shallallahu alaihi Wasallam_ berdakwah, generasi pertama yang menerima Islam adalah pemuda. Dalam kiprahnya membela, menjaga dan melindungi Islam, pemuda ada di baris depan. Pasukan perang juga dipenuhi para pemuda.

Para pengemban dakwah yang diutus Rasulullah juga adalah kaum muda. Salah satunya Mush'ab bin Umair ra. yang diminta Rasulullah dakwah ke Madinah. Ia menjadi duta Islam pertama. Berkat kiprah Mush'ab, kurang dari 1 tahun hampir seluruh penduduk Madinah masuk Islam.

Seperti itulah yang semestinya ada pada pemuda Muslim kita hari ini. Mereka adalah pengemban dakwah Islam yang terpercaya, duta-duta propaganda Syariah Islam yang akan menjadi rahmat bagi seluruh penduduk bumi jika diterapkan secara Kaffah dalam institusi Khilafah.

Posisi dan fungsi vital pemuda  inilah yang harus kita kembalikan agar terjadi sebagaimana tuntutan Islam. Karena itu harus ada gerakan penyadaran pada para pemuda muslim yang dilakukan oleh semua pihak, khususnya partai politik Islam yang berpijak pada mabda'  (ide dan metode) Islam.

Sejatinya peran penting pemuda akan teroptimalisasi dalam masyarakat yang menerapkan Islam kaffah. Khilafah akan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pemberdayaan pemuda. Sistem pendidikan, pergaulan sosial, sistem ekonomi dan politik yang akan diterapkan Khalifah mendukung pemberdayaan potensial pemuda sebagai penjaga dan pelindung Islam terpercaya.

Akal dan hati mereka akan senantiasa ditambatkan pada Islam dan kejayaan umat nya. Karena itu, saat ini arah pencerdasan dan pemberdayaan pemuda Muslim harus ditujukan pada upaya penegakan Khilafah _'ala minhaj an-nubuwwah_.[MO/ge]

Posting Komentar