Oleh : Mochamad Efendi

Mediaoposisi.com-Melihat kejadian biasa berbeda saat melihat fenomena politik. Apa yang nampak pada kejadian biasa merupakan pesan sebenarnya yang ingin disampaikan. Namun, tidak dengan fakta politik, apa yang nampak bisa jadi bukan pesan sebenarnya.

Ada pesan yang tersembunyi yang hanya bisa diungkap saat kita menggunakan kaca mata politik. Bagaimana melihat fakta politik dengan kaca mata politik?

Pertama, perhatikan efek yang ditimbulkan dari satu manuver politik. Saat seorang politisi melakukan satu perbuatan yang baik atau yang buruk kita harus melihat apa akibat yang ditimbulkan dari manuver politiknya.

Pihak yang diuntungkan bisa jadi kawan politik walaupun dipermukaan nampak seperti musuh. Sedangkan pihak yang dirugikan bisa jadi musuh yang menjadi target dari tindakannya wakaupun dipermukaan nampak dia adalah teman.

Sungguh membingunkan memahami sebuah fakta politik karena yang kita lihat tidak selalu pesan yang sebenarnya. Pesan yang sebenarnya sering tersembunyi dan menjadi target politik seseorang politisi.

Kedua, lihat latar belakang pemikiran seseorang saat dia melontarkan atau melakukan sebuah fakta politik. Gagasan yang tiba-tiba berpihak pada satu faham tertentu perlu dicermati ketika latar belakang pemikiran sebelumnya bersebrangan.

Sebagai contoh seorang politisi yang tiba-tiba memihak pada pemikiran Islam akan terasa janggal ketika sebelumnya memiliki penahaman sosialisme atau kapitalisme yang tidak sesuai dengan Islam karena seseorang berubah pasti ada alasan yang melatarbelakanginya.

Ketiga, keuntungan apa yang diperolah dari satu kejadian politik bisa jadi tidak ditampakkan oleh seorang politisi saat melakukan  aktifitas politiknya.

Namun kita bisa melihat dengan kaca mata politik untuk menguak maksud tersembunyi dengan memprediksi keuntungan politik apa  yang akan didapat dari satu tindakan politiknya.

Sebagai contoh seorang politisi menafkahkan uangnya untuk membangun sebuah masjid atau melakukan kebaikan sosial lainnya pasti ada maksud tersembunyi dibalik semua tindakannya untuk mendapatkan popularitas dan keuntungan politik lainnya.

Dalam pandangan politik, setiap tindakan pasti ada keuntungan politik yang ingin diperoleh berbeda dengan orang biasa yang tidak memiliki kepentingan politik apapun.

Tidak selamanya apa kita lihat adalah fakta yang sebenarnya dalan dunia politik.  Sering pesan tersembunyi berbeda dengan apa yang terlihat. Oleh karena itu perlu melihat fakta politik dengan kaca mata politik.[MO/gr]




Posting Komentar