Mediaoposisi.com|Salam Redaksi - Rupiah semakin tergerus oleh kekuatan mata uang Dollar AS yang semakin Digdaya.tanpa perlawanan apa rupiah menyentuh 15.820 per Dollar As.

Rupiah Sudah mulai menyentuh ke dasar nilai terlemah sejak Krismon 98.Akibatnya pemerintah dan Bank Indonesia kian terus memutar otak agar stabilitas ekonomi dan politik terus terjaga.

Mata Uang rupiah Sudah semakin tertekan sebanyak 1.563 pion ( 11,6 %) terhadap Dollar AS terhitung sejak awal tahun hingga saat ini “year to date”.Mengutip data perdagangan Reuters,Dollar AS bergerak dari RP.13.281 hingga Rp  15.820 sepanjang tahun ini.

Fakta Tersebut membuat rupiah berada pada level terlemahnya sejak tahun 1998 Dikutip detikFinance dari CNBC,senin ( 3/9/2018).

“kepemilikan asing yang tinggi pada obligasi,ditambah dengan utang perusahaan indonesia dalam dollar yang meningkat juga membuat rupiah cenderung lebih lemah “kata kepala ekonpmi dan strategi di Mizuho Bank Vishnu Varathan.

Jatuhnya rupiah ke level terlemahnya terhadap dollar dalam kurun lebih 20 tahun terakhir,mendorong Bank Indonesia (BI) untuk turun langsung mengintervensi ke pasar keuangan.[MO/sr]


Posting Komentar