Oleh: Puji Astutik
(Relawan Opini/SP, Warga Trenggalek)

Mediaoposisi.com-Gempa Lombok-Bali menjadi duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Inilah media yang Allah SWT pilih untuk mengingatkan rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia  yang akan memperingati HUT Kemerdekaannya yang ke-73.

Gempa, azab yang pernah Allah SWT kirim kepada umatnya Nabi Syuaib. Allah SWT berfirman, “Maka mereka mendustakan Syuaib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayit-mayit yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka”. (QS. Al Ankabut: 28).

Segala bentuk bencana tentu tidak diinginkan oleh manusia. Namun keinginan tersebut belum linier dengan upaya manusia untuk menolak bencana. Mulai dari individu hingga kehidupan bernegara masih sering abai dengan perintah-perintah Allah SWT.

Padahal Allah SWT telah mengingatkan,
Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi”.  (QS. An Nisa’: 79

(Dalam ayat tersebut Allah SWT menyebut bahwa bencana yang menimpa manusia adalah buah dari kesalahan manusia. Kesalahan manusia itu adalah bermaksiat kepada Allah SWT. Sudah berbeder-deret daftar maksiat yang dilakukan manusia.

Dengan demikian, bencana jangan dipandang semata peristiwa alam. Namun ia adalah ujian sekaligus peringatan dari Allah SWT. Ujian, apakah dengan bencana manusia tetap dalam kesabarannya untuk mentaati Allah SWT atau berpaling? Peringatan bermakna agar manusia segera bertaubat, menyudahi kemaksiatan dan mentaati perintahNya.

Jadi, jangan menunggu bencana berikutnya, mari moment peringatan HUT kemerdekaan dijadikan instropeksi diri. Sudahkah nikmat merdeka itu dimaknai dengan merdeka dari segala bentuk penghambaan kepada manusia? Menuju penghambaan dan ketaatan semata-mata kepada Allah SWT.

Baik diwujudkan dalam ibadah mahdhoh maupun ibadah ghoiru mahdhoh. Penerapan syariat Allah SWT dalam kehidupan (QS. Al Baqarah: 208).[MO/sr]





Posting Komentar