Oleh : Pita Nirmalasari 
(aktivis mahasiswi)

Mediaoposisi.com-Keke Challenge? pasti tidak asing dengan yang lagi viral di Medsos kayak Keke Challenge ini. Setelah  Tik Tok berhasil menjadi trend, giliran Keke Challenge  menjadi trend baru remaja kawula muda hingga orang dewasa. Bagi yang belum tahu,  Keke challenge ialah tantangan bergoyang dengan iringan  lagu “In my feelings” milik Drake.

Ada yang bergoyang mengikuti mobil yang sedang berjalan dengan pintu yang tetap terbuka, ada yang di jalan dan ragam versi.  Keke challenge berawal dari peluncuran lagu “In my feelings” milik Drake. Lalu seorang komedian yang bernama Shiggy memviralkan lagu tersebut dengan bergoyang.(IDN times 3/08/18). 

Baru-baru ini juga muncul sebuah tantangan yang tersebar di WhatSaap bernama Momo Challenge dan diperuntukkan untuk gadis berusia 12 tahun. Tantangan ini tergolong berbahaya dan polisi di sejumlah negara telah menyatakan keprihatinannya.

Alasannya karena tantangan ini mengajak seseorang untuk bunuh diri. Hampir mirip Blue Whale Challenge yang sempat viral dan mengkhawatirkan beberapa waktu lalu.

Momo adalah nama akun media sosial yang kehadirannya ada di jaringan seperti WhatSaap,Facebook dan Youtube.menurut unit investigasi kejahatan komputer di negara bagian Meksiko,Tabasco permainan dimulai di Facebook.

Para pengguna ditantang untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak diketahui. Kemudian Momo akan menanggapi panggilan dengan gambar kekerasan sambil memberikan perintah. Bila pemain menolak untuk mengikuti perintahh permainan, maka dirinya bisa merasa terancam.

Selain itu,Avatar yang digunakan oleh permainan ini adalah gambar seorang wanita dengan struktur aneh dan mata melotot. Gambar yang terlihat menyeramkan ini merupakan karya  dari seniman Jepang, Midori Hayashi. Menurut Rodrigo Nejm dari LSM Brazil, Safernet, hingga saat ini belum jelas persebaran  Momo challenge. 

Namun ada laporan yang mengatakan bila tantangan ini terjadi di Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Perancis dan Jerman. Selain itu ada kemungkinan permainan ini merupakan bentuk umpan yang digunakan para penjahat untuk mencuri data dan memeras orang di internet.(Okezone.com 04/08/18).
 
Dua fenomena ini,  Keke dan Momo challenge ini patut menjadi perhatian karena ini sangat berpengaruh terhadap generasi muda yang kelak menjadi tumpuan bangsa, amat disayangkan bila saat ini generasi muda hanya disibukkan dengan trend viral yang hanya kepuasan sesaat.

Keke dan Momo challenge adalah salah satu sampah peradaban liberal kapitalis perusak generasi muslim. Generasi muslim dijauhkan dari profil khoiru ummah yang visioner,produktif,kreatif dan inovatif dalam kebaikan.

Jangan sampai kita kehilangan generasi terbaik hanya karena trend produk peradaban kapitalis saat ini. Sehingga mewujudkan peradaban islam menjadi tanggung jawab bersama.[MO/sr]


Posting Komentar