Oleh :
Anik purwati, S.Pd.
(Praktisi pendidikan Anak) 

Mediaoposisi.com- "Hijrah" menjadi lebih populer di zaman now. Hijrah yang dimaksudkan yaitu mulai kembali kepada kehidupan beragama, berusaha mematuhi perintah Allah SWT, menjauhi laranganNya dan berusaha menjadi lebih baik, karena sebelumnya tidak terlalu peduli atau sangat tidak peduli dengan aturan agama.

Sedih rasanya apabila melihat sebagian saudara kita yang hijrahnya hanya sekedar pakaian..

Hijrah, bukan hanya pakaian saja yang perlu kita rubah, tapi bagaimana caranya kita bisa lebih dekat dengan Allah, agar kita bisa beranjak dari keburukan - keburukan dimasa lalu, agar kita bisa menjauhi segala laranganNya, dan bisa menjalankan sunah - sunah Rasulullah SAW.

 Kiat-kiat Hijrah yang Shahih :

1. Berniat ikhlas ketika hijrah
    Hijrah bukan karena kepentingan dunia akan tetapi hijrah ikhlas karena Allah.

2. Segera mencari lingkungan yang baik dan teman yang shahih.
    Salah satu kunci utama sukses hijrah, yaitu memiliki teman yang membantu untuk dekat kepada Allah          dan saling menasehati serta saling mengingatkan.

3. Mempelajari Al Qur'an dan mengamalkannya,
    Al Qur'an adalah petunjuk bagi kahidupan didunia agar selamat didunia dan akhirat.
    "Al Qur'an itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman" (QS Fushilat : 44).

4. Berusaha untuk terus beramal walaupun sedikit, 
    Tujuan kita berilmu, apabila kita berilmu jangan sampai hanya sekedar wawasan saja, karenanya kita            diperintahkan tetap terus beramal meskipun sedikit dan ini adalah hal yang paling dicintai oleh Allah.

5. Sering berdo'a dan memohon keistiqamahan dan keikhlasan.
    Setiap hari kita tidak lupa terus berdo'a agar bisa tetap istiqamah beramal dan beribadah sampai                  menemui kematian.
    
"Dan Sembahlah Rabbmu sampai datang kepadamu sampai yakin (ajal)datang kepadamu"(QS Al Hijr : 99).

Jangan lupa kita selalu berusaha dan berdo'a agar kita ikhlas dalam beribadah dan beramal ikhlas hanya karena Allah semata serta jauh dari riya'.Semoga kita selalu diberikan keikhlasan dan keistiqamahan dalam beramal.[MOsr]


Posting Komentar