Oleh : Imanda Indaswhari
(Mahasiswi STEI Hamfara)
   
Mediaoposisi.com-  Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan negara global. Sesuai namanya, negara berkembang pastilah memiliki berbagai macam permasalahan yang masih harus ditangani. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di negara berkembang. Nah, apa sajakah permasalahan yang terjadi di negara berkembang?

-Penduduk

Permasalahan utama di negara berkembang adalah pertumbuhan penduduk yang tidak dapat dikendalikan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman tentang pentingnya membatasi jumlah anak dalam keluarga. Jika pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan peingkatan kualitas penduduknya, maka hal ini dapat membuat rendahnya tingkat Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI).

Oleh karena itu maka diperlukan pengembangan sistem pendidikan yang lebih intens untuk memperkecil resiko ledakan penduduk ini.

- Ekonomi
Dengan jumlah penduduk yang meningkat pesat, maka akibatnya adalah terjadi banyak pengangguran yang tidak mendapat kesempatan kerja. Hal ini menyebabkan angka kemiskinan juga meningkat sehingga pertumbuhan ekonomi di negara berkembang juga terhambat.

- Pendidikan
Di negara berkembang karena jumlah penduduk yang terlalu banyak, maka pendidikan masih kurang merata. Banyak penduduk yang belum mendapatkan pendidikan yang layak. Hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran dan rendahnya kualitas sumber daya manusia tersebut.

- Kesehatan
Kesehatan juga merupakan salah satu permasalahan di negara berkembang yang harus ditangani. Karena di negara berkembang pastilah fasilitas kesehatannya masih kurang merata dan kualitasnya masih rendah. Selain itu, kesadaran masyarakat di negara berkembang akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan masih kurang.

- Infrastruktur
Negara berkembang pada umumnya memiliki luas wilayah yang cukup luas dibandingkan negara maju. Dengan luas wilayah tersebut, sarana infrastruktur haruslah berkembang dengan baik. Namun karena kurangnya anggaran yang ada, pastilah banyak infrastruktur yang belum dibangun atau tidak dirawat dengan baik.

- Tingkat Produksi
TIngkat produksi di negara berkembang masih rendah. Hal ini diakibatkan oleh kualitas sumber daya manusia yang kurang dan kurangnya inovasi dari masyarakat. Industri di negara berkembang umumnya masih menggunakan tenaga manusia sehingga hasilnya kalah banyak dibandingkan dengan menggunakan mesin.

Nah jadi negara berkembang memiliki pertumbuhan penduduk lebih cepat daripada pertumbuhan kesempatan kerja. Untuk mengatasi masalah pengangguran, pemerintahan melakukan pelatihan kerja sehingga tenaga kerja memiliki keahlian sesuai dengan lapangan kerja yang tersedia.

Untuk mengatasi masalah kemiskinan adanya pekerjaan yang diberikan kepada rakyat miskin agar mereka tidak menjadi pengangguran, untuk masalah pendidikkan adanya sekolah gratis untuk anak-anak yang kurang mampu, untuk infrastruktur yang lebih bagus lagi dan tanah yg luas untuk membangun bangunan yang dibutuhkan masyarakat setempat, dan untuk sistem pemerintahan nya sendiri lebih di fokuskan kepada orang-orang yang susah.

Semua orang harus peduli dengan masyarakat yang ada karena kita membutuhkan orang lain. Dan presiden anda dipilih menjadi presiden untuk membantu rakyat-rakyat kecil yang ada bukan malah menambah susah beban mereka.[MO/sr]

Posting Komentar