Oleh: Helmiyanti
(Mahasiswi STEI Hamfara Yogyakarta)

Mediaoposisi.com- Kemiskinan sanagt erat kaitannya dengan kejahatan, maraknya kejahatan di Indonesia karna tidak memiliki pekerjaan untuk memenuhi "need" dan "want" nya. Dengan segala keterbatasan yang ada sejumlah orang rela menghalalkan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhannya, baik itu dengan tindakan kejahatan.

Jika kita definisikan kemiskinan berarti  ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan hidup seperti sandang pangan dan papan baik itu pendidikan, kesehatan, dan kemanan. Kemiskinan adalah masalah yang global, dimana masalah ini belum dapat teratasi dengan sempurna. Kemiskinan tiap tahun semakin meningkat dan kehidupan masyarakat tidak hidup sejahtera. 

Jika kita lihat di kota balikpapan,  begitu banyak pendatang dari luar daerah maupun dari desa pergi ke kota untuk mencari pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidup. Walaupun kota balikpapan tidak sepadat ibu kota jakarta namun tidak memungkiri terjadinya tindakan kriminal.

Karna banyak nya pendatang dari luar daerah yang gagal mendapatkan pekerjaan membuat sebagian orang rala melakukan tindakan kriminal seperti mencopet, mencuri dan bahkan membunuh seseorang demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Seperti kasus pada tanggal 30 mei "pencurian mobil PEMDA yang dilakukan oleh seorang pemuda yang memakai jaket hijau dan celana pendek di daerah BJBJ". (Sumber: @balikpapanku)

Karna susah nya dalam memenuhi kebutuhan hidup  di jaman sekarang semua harga barang naik dan nilai esistensi masyarakat yang semakin tidak mau ketinggalan zaman menyebabkan tertekan dan tidak nyaman membuat orang banyak melakukan tindakan kejahatan yang dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan nya.

Jadi kemiskinan adalah salah faktor dari maraknya tindakan kriminal di indonesia dari tahun ke tahun.[MO/sr]

 

Posting Komentar