Oleh :  Indah Purnama
(Mahasiswi STEI Hamfara Yogyakarta )

Mediaoposisi.com-  Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu prosess meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang saling mempengaruhi.  Inflasi terjadi dari tahun ke tahun dengan tingkat perubahan yang berbeda-beda hingga mengalami kenaikan harga berada di atas 100% dalam setahun.

Apa penyebab sehingga inflasi itu terjadi ?

Inflasi terjadi jika ada kelebihan permintaan yang  tidak bisa dipenuhi oleh produsen, yang disebut dengan istilah demand pull inflation, karena meningkatnya biaya produksi yang berakibat pada naiknya harga jual barang dan jasa, lambatnya produksi barang tertentu terutama produksi makanan, sikap konsumen terhadap informasi kenaikan harga, dan kebijakan pemerintah yang kurang tepat dalam mengatasi hal tersebut.

Bagaimana dampak dari inflasi yang terjadi  terhadap masyarakat ?

Akibat dari inflasi tersebut membuat masyarakat kecil atau menengah  kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok meraka, karena penghasilan yang mereka dapatkan tidak sebanding dengan harga barang dan jasa yang melambung tinggi, sehingga banyak masyarakat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Tidak hanya merugikan masyarakat yang pendapatannya tidak tetap tetapi juga sangat  merugikan masyarakat yang pendapatannya tetap. Misalnya harga cabai , dari harga 1kg Rp 50.000,00 ketika mendekati bulan Ramadhan naik menjadi Rp 70.000,00 per 1kg, dari situ terjadinya kenaikkan harga. Bagi masyarakat kecil yang pendapatannya rendah mau tidak mau mereka harus membeli barang tersebut dengan harga lebih tinggi karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Inflasi juga membuat masyarakt enggan untuk menabung  dikarenakan nilai mata uang yang semakin menurun.

Dengan demikian, seharusnya pemerintah dapat mengambil pelajaran terkait terjadinya inflasi tersebut, karena masalah ini merugikan banyak pihak dan lebih dirugikan lagi adalah masyarakat menengah kebawah.

Pemerintah juga seharusnya menyiapkan planning atau strategi parsial untuk mengurangi penderitaan masyarakat dari adanya inflasi, dengan bekerja sama dengan petani lokal untuk menyetok bahan pokok untuk mengatasi ketika kondisi masyarakat yang tercekik oleh infalsi, bukan malah mengimpor bahan pokok ke negara lain yang akhirnya berakibat pada kenaikan harga barang dan jasa.[MO/sr]


Posting Komentar