Oleh : Nur Indah
(Mahasiswi STEI Hamfara Yogyakarta)

Mediaoposisi.com- Indonesia adalah salah satu negara penduduk urutan 4 terbanyak di dunia. Dengan berbagai suku dan budaya dari sabang sampai merauke. Adapun jumlah populasi terbanyak di Indonesia yaitu dari pulau jawa.

Namun, dengan adanya keanekaan keyakinan, agama, tradisi, etnis dan budaya menjadikan negara mengalami kesulitan dalam hal pemerintahan. Bahkan, dalam berbagai kesempatan telah ada bentrokan antara kelompok yang berakar pada perbedaan etnis atau agama. Begini penduduk yang ada di Indonesia satu sama lain harus bertimpah tindih.

Akan tetapi dengan kayanya keanekaragaman yang ada di Indonesia memberi manfaat, sehingga dapat di jadikan pelajaran. Akan tetapi pemerintah lebih pro pada minoritas yang ada di saat ini, meski seperti itu tidak mengapa jika mereka memang berada dalam rana yang benar. Sehingga untuk menyatukan semua penduduk tidaklah mudah.

Meski demikian ternyata ada pemerintahan yang dapat menyatukan seluruh penduduk yang ada, dan juga tidak melihat dari dari sudut pandang manapun. Tapi untuk itu pemerintahan ini harus di terapkan terlebih dulu.

Dimana pemerintahan yang mampu mempersatukan penduduknya yaitu pemerintahan dalam naungan Islam. Yang akan merangkul semua penduduknya tanpa mengenal minor dan mayor pada etnis penduduk dengan penilaian secara objektif.

Selama pendapat mereka tidak bertentangan dengan aqidah Islam maka tidak masalah untuk pendapat tersebut di terima. Saat ini tidak ada pemimpin yang adil secara totalitas kepada masyarakatnya. Tapi akan ada suatu mana penduduk di pimpin oleh orang yang adil, ketika aqidahnya di landaskan pada aturan Islam.[MO/sr]




Posting Komentar