Oleh : Erni Susilawaty

Mediaoposisi.com-  Bicara distribusi berarti kita bicara tentang proses penyaluran barang dan jasa kepada konsumen. Dikatakan distribusi yang efisien ketika barang dan jasa tersebut telah sampai langsung kepada tangan konsumen dengan tepat waktu dan tidak mengganggu produksi.

Jika distribusi pendapatan tidak tersalurkan dengan merata, maka dapat menimbulkan suatu masalah, salah satu nya adalah kemiskinan. Ketidakmerataan distribusi pendapatan merupakan satu permasalahan pembangunan. Karna pertumbuhan ekonomi tidak dapat dimaksimalkan untuk mensejahterakan masyarakat.

Salah satu akibat buruk dari tidak meratanya distribusi pendapatan adalah kemiskinan. Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar nya seperti makan, minum, pakaian, tempat tinggal, pendidikan dan kesehatan.
 Jika kita melihat di negri kita Indonesia, masih sangat banyak sekali orang-orang yang tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.

Padahal Indonesia terkenal dengan sumber daya alam nya yang melimpah ruah. Mulai dari tanah,dalam tanah dan laut, semua dapat dimanfaatkan. Tanah Indonesia yang terkenal dengan kesuburannya, bawah tanah yang banyak menyimpan harta karun seperti emas, perak, batu bara, nikel, tembaga, aspal dan lain-lain nya.

 Lalu mengapa masih banyak rakyat Indonesia yang miskin?  

Mereka miskin bukan karena tidak mau bekerja, bukan karena mereka keturunan miskin, bukan karena tidak adanya barang-barang yang mereka butuhkan, bukan karena kelangkaan barang, tetapi karena barang dan jasa itu tidak bisa sampai kepada mereka. Buktinya ada saja orang yang bisa memiliki tempat tinggal lebih dari satu,bisa.makan lebih dari dua kali.

Dan kalaupun barang dan jasa sampai ke tangan mereka, mereka harus bersusah payah banting tulang, banting setir untuk mendapatkannya. Berarti jelas bahwa permasalahan ketimpangan ekonomi yang terjadi di Indonesia karena pendistribusian yang tidak merata, tidak sampai kepada target sasaran yang benar.

Jika kita menginginkan perubahan kepada arah yang lebih baik untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat miskin di Indonesia, maka ubah dan perbaiki sistem distribusi yang ada selama ini. Jangan sampai barang yang terproduksi hanya berhenti di kalangan tertentu saja.

Bagaimana caranya agar mereka yang miskin dapat membeli barang dan jasa? 

Mereka harus memiliki uang. Caranya mereka mendapatkan uang adalah dengan diberikan atau disediakan lapangan pekerjaan agar mereka dapat bekerja dan menghasilkan pendapatan. Atau dengan diberikan sedekah atau hadiah kepada mereka. Sehingga jika mereka telah memiliki uang, mereka dapat membeli barang dan jasa.[MO/sr]

Posting Komentar