Oleh : Arlianah

Mediaoposisi.com-  Siapa bilang islam itu anti seni dan mengkafirkannya ??? Justru Agama yang keren ini membahasnya secara total . Islam memandang seni sebagai sesuatu yang indah dan harus diakui eksitensinya. Bahkan islam tidak bisa dilepaskan dari seni karena ia bagian terpenting dari islam . “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan” (HR.Muslim)

Bagi orang Arab, hiasan terindahnya adalah dekorasi langit dengan bintang yang dapat dilihat pada malam hari. Dalam Al-Qur’an , bintang mempunyai 3 fungsi yakni hiasan bagi manusia :


  • dekorasi , petunjuk bagi orang yang jalan 


  • titik tertentu yang lokasinya tidak berubah, dan pelempar syaitan . Nah inilah yang disebut sebagai seni islam yakni yang terdiri dari Petunjuk dan dekorasi


  • hiasan, dan kedua komponen ini tidak dapat dipisahkan. Sama halnya dengan Al-qur’an yang terdiri dari petunjuk dan dekorasi. Maka seni dalam Islam adalah Al-Qur’an


Dalam Al-qur’an fungsi Rasulullah Saw tidak hanya membacakan ayat-ayat Allah swt. Beliau  mencontohkan dalam aksinya menyampaikan islam tidak hanya berdiri diatas petunjuk , namun juga disertai rasa kesucian berupa hiasan-hiasan akhlak mulia dan adab dalam menyampaikan islam, mengajak menuju kebaikan bahkan memperjuangkannya.

Dakwah tanpa hiasan , tidak akan dapat menarik perhatian orang. Ketika menyampaikan kebenaran yang tidak disertai keindahan didalamnya, maka sia-sia usahanya. Dan sebaliknya ketika memperlihatkan keindahan tanpa petunjuk, maka jadilah hiasan-hiasan negatif dari tangan-tangan orang yang melenceng seperti hiasan-hiasan yang melanggar perintah Allah dengan dalih “ini kreasi”, seperti gambar (maaf) porno, makhluk bernyawa , dll.

Nyatanya masih banyak manusia yang berkreasi tanpa petunjuk yang benar, akibatnya menjadikan ia menciptakan sesuatu yang justru wujud dan sifatnya buruk dengan alasan “ini kreasi seni” .
Maka dari itu, dalam islam kedua hal ini dengan indah diformulasikan di dalam Al-qur’an. Al-qur’an merupakan seni terbaik .

Maka orang-orang yang ingin mengerti seni dalam islam harus melihat kepada Al-qur’an . Al-qur’an yang kepeduliannya kepada seluruh aspek kehidupan juga mengatur terkait fiqh seni dalam islam. [MO/sr]

Posting Komentar