Oleh : Ahmad Sastra

Mediaoposisi.com- Al Qur’an mengungkapkan istilah hizb yang artinya partai. Partai adalah sebuah wadah atau organisasi yang berisi sekelompok orang dengan visi, aktivitas  dan tujuan tertentu. Dalam kajian politik modern, partai adalah wadah politik yang memiliki visi misi memperjuangkan ideologi tertentu bagi negara dan rakyatnya.

Ruh dari sebuah partai adalah ideologi yang menjadi pijakan perjuangannya. Tidak ada partai yang netral di dunia ini. Semua partai secara subyektif pasti memiliki sistem pemikiran yang menjadi energi penggerak bagi anggota partainya.

Mungkin ada ribuan partai di dunia ini. Di Indonesia, mungkin ada ratusan partai, baik yang ikut pemilu, tidak bisa ikut pemilu maupun tidak ikut pemilu. Dari partai abal-abal hingga partai beneran.

Makna politik sendiri sangat luas, bukan sekedar terkait persoalan pemilu praktis. Dalam Islam, politik [siyasah] berkaitan erat dengan kepengurusan masyarakat. Siyasah Islam artinya upaya mengurus masyarakat dengan landasan hukum Islam. Maka makna partai politik Islam menjadi mudah dipahami bukan ?.

Namun menarik apa yang diungkap Allah dalam Al Qur’an terkait dengan istilah hizb [partai] ini. Bagi Allah, partai itu hanya ada dua, yakni partai Allah [hizbullah] dan partai setan [hizbusyaiton]. Perhatikan firman Allah terkait partai Allah dalam surat Ali Imran ayat 104 dan Surat al Mujadilah ayat 22:

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma´ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung[QS Ali Imran : 104]

Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang itu bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. Mereka itulah orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan mereka dengan pertolongan yang datang daripada-Nya. Dan dimasukan-Nya mereka ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha terhadap mereka, dan merekapun merasa puas terhadap (limpahan rahmat)-Nya. Mereka itulah golongan Allah. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya hizbullah itu adalah golongan yang beruntung. [QS Al Mujadilah : 22] 

Dari firman Allah terkait partai Allah diatas dapat diambil kesimpulan beberapa karakter partai Allah.

TRANSAKSI. Hanya melakukan transaksi dan perjanjian dengan Allah untuk menyerukan ideologi Islam dan menolak, melawan dan mencegah ideologi mungkar penentang Allah dan RasulNya.

VISI. Tujuan utama partai Allah adalah menegakkan agama Allah agar memberikan rahmat dan hasanah bagi alam semesta dunia akherat serta membebaskan manusia dari belenggu ideologi kufur yang akan menyengsarakan manusia dunia akherat.

KOALISI. Hanya berkoalisi dengan sesama partai perjuangan agama Allah dan menolak  berkoalisi dengan partai penentang Allah dan RasulNya, meskipun partai penentang Allah itu dari keluarganya sendiri. 

KEANGGOTAAN. Keanggotaan partai Allah hanyalah diisi oleh manusia-manusia yang berimand dan bertaqwa kepada Allah dan menolak keanggotaan orang munafik yang bisa menjadi pengkhianat perjuangan. Lihatlah peristiwa kekalahan perang Uhud zaman Rasul, kemunafikan dan keserakahan serta pengkhianatan telah merobohkan tiang perjuangan agama Allah.

STRATEGI. Partai Allah hanya meneladani strategi yang dijalankan oleh Rasulullah, tanpa melanggar sedikitpun dengan harapan mendapatkan pertolongan Allah. Anggota partai Allah yakin bahwa kemenangan Islam adalah hak Allah semata, meskipun secara keanggotaan bisa jadi sedikit. Partai Allah haram menjerumuskan  diri dalam kekufuran, begitulah Rasulullah telah memberikan teladan bagi kaum beriman.

AKTIVITAS. Partai Allah adalah partai yang anggotanya hanya beraktivitas atas landasan perintah dan  larangan Allah semata. Mereka tidak akan melakukan aktivitas yang tidak diridhoi Allah dengan berbagai pelanggaran larangan Allah. Mereka sangat merindukan ridho Allah dan surgaNya di akherat dengan cara ridho dan ikhlas menerima aturan dan karunia Allah semata. Sebab di jalan itulah letak keberuntunga partai Allah.

Adapun tentang partai setan [hizbusyaiton], Allah mengungkapkannya dalam Al Qur’an Surat Al Majadilah ayat 14-19 berikut :

Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang menjadikan suatu kaum yang dimurkai Allah sebagai teman? Orang-orang itu bukan dari golongan kamu dan bukan (pula) dari golongan mereka. Dan mereka bersumpah untuk menguatkan kebohongan, sedang mereka mengetahui. Allah telah menyediakan bagi mereka azab yang sangat keras, sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan. Mereka menjadikan sumpah-sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka halangi (manusia) dari jalan Allah; karena itu mereka mendapat azab yang menghinakan. Harta benda dan anak-anak mereka tiada berguna sedikitpun (untuk menolong) mereka dari azab Allah. Mereka itulah penghuni neraka, dan mereka kekal di dalamnya. (Ingatlah) hari (ketika) mereka semua dibangkitkan Allah lalu mereka bersumpah kepada-Nya (bahwa mereka bukan musyrikin) sebagaimana mereka bersumpah kepadamu; dan mereka menyangka bahwa mereka akan memperoleh suatu (manfaat). Ketahuilah, bahwa sesungguhnya merekalah orang-orang pendusta.  Syaitan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan syaitan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan syaitan itulah golongan yang merugi [QS Al Mujadilah : 14-19]. 

Dari firman Allah terkait partai setan diatas dapat diambil kesimpulan beberapa karakter partai setan.

TRANSAKSI. Partai setan melakukan transaksi dan perjanjian dengan manusia dan kemungkaran [setan] untuk menyerukan ideologi kufur dan menolak, melawan serta mencegah ideologi Islam. Partai setan selalu memusuhi agama Allah dan menebarkan ajaran kemungkaran di tengah masyarakat.

VISI. Tujuan utama partai Allah adalah menegakkan kebatilan agar menimbulkan berbagai  kerusakan bagi kehidupan manusia dan alam semesta di dunia dan mendapat azab di akherat. Partai setan menyeret manusia kepada belenggu menyengsarakan manusia dunia akherat. Dan mereka bersumpah untuk menguatkan kebohongan, sedang mereka mengetahui, begitu firman Allah tentang mereka.

KOALISI. Partai setan berkoalisi dan menjalin kerjasama dengan manusia yang dimurkai Allah.  Partai setan menolak  berkoalisi dengan partai Allah.  Mereka menjadikan sumpah-sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka halangi (manusia) dari jalan Allah. Partai setan selalu melakukan propaganda tipu daya yang menyesatkan.

KEANGGOTAAN. Keanggotaan partai setan hanyalah diisi oleh manusia-manusia yang menentang dan mendurhakai Allah, baik karena kekufurannya maupun karena kemunafikannya. Mereka adalah golongan para pengkhianat agama dan rakyat. Mulut mereka selalu berkoar tentang kebaikan dengan sumpah, padahal hati mereka penuh kemusyrikan.

STRATEGI. Partai setan menolak strategi yang dijalankan Rasulullah, dengan melakukan berbagai pelanggaran hukum dan aturan Allah. Sebab setan sejak awal membawa gen pembangkang perintah Allah. Kesombongan dan kebohongan adalah dua perilaku yang selalu didemonstrasikan oleh anggota partai setan.

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya merekalah orang-orang pendusta, begitu firman Allah menggambarkan karakter partai setan. Partai setan sengaja menjerumuskan  diri dalam berbagai bentuk kekufuran, kemusyrikan dan kemunafikan.

AKTIVITAS. Partai setan adalah partai yang aktivitas anggotanya hanya senantiasa melanggar  larangan Allah dengan berbagai kemaksiatan. Mereka tidak sudi melakukan aktivitas yang diperintahkan Allah, bahkan mereka berani menista ajaran Allah.

Padahal  di jalan itulah letak kerugian mereka. Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan setan [hizbusyaiton]. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi, begitulah firman Allah di akhir surat Al Mujadilah ayat 19.

Nah sekarang ngaku aja, hayoo partai apa yang sedang diikuti dan dibela. Awas jangan salah pilih partai, sebab selain akan menyesal dunia akherat, Allah juga telah menyiapkan azab dan siksa yang pedih dan menghinakan. Pilihlah partai Allah, maka kita akan beruntung dunia akherat, mau ?[MO]

Posting Komentar