Jakarta| Mediaoposisi.com| Seorang karyawati Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, Dianti Dyah Ayu Cahyani Putri (24) meninggal di Rumah Sakit Mayapada, Tangerang setelah sempat belasan jam tidak tertolong oleh pihak yang berwenang karena tertimbun longsor di jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno-Hatta.

Dianti mengendarai mobil Honda Brio bernomor polisi A 1567 AS terkena Jalan Perimeter, Senin (5/2) sekitar pukul 17.00 WIB.
 
Runtuhnya tembok underpass di jalan perimeter selatan Bandara Soekarno-Hatta menelan korban jiwa. Hal ini turut mengundang berbagai kalangan untuk berkomentarm Wakil Ketua DPR Fadli Zon untuk berkoemntar, ia mengimbau agar infrastruktur tidak dijadikan sebagai ajang pencitraan pemerintah.

"Kita melihat, nih, infrastruktur, terutama yang baru-baru ya. Ini kan lebih banyak dikerjakan dengan terburu-buru, tergesa-gesa, dan ini bisa dikaji, bahwa mungkin karena ini terburu waktu itu, mengejar tahun politik dan pemilu ini mau menjadi etalase keberhasilan. Bukan semata-mata untuk fungsional," ujar Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Ia menilai pembangunan infrastruktur seharusnya berkesinambungan antara pemerintahan sebelumnya dan yang akan datang. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu meminta pembangunan infrastruktur tidak sekadar menjadi alat kampanye politik, sehingga mengabaikan keselamatan.

"Harusnya masalah infrastruktur ini ada kesinambungan antara pemerintah sebelumnya, pemerintah sekarang, dan yang akan datang. Jangan dijadikan alat kampanye. Sehingga karena terburu-buru banyak sekali kecelakaan kerja yang sebenarnya tidak perlu,

Pernyataan serupa diserukan oleh Ketua DPR, Bambang Soesatyo. Ia meminta pemerintah melakukan investigasi. Tak hanya itu,  ia turut menyayangkan kelalaian yang telah terjadi.
 
"‎Meminta Komisi V DPR mendorong pemerintah untuk melakukan investigasi dan mengevaluasi proyek-proyek infrastruktur agar tidak mengabaikan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3)," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/2). [MO]


Posting Komentar