Jakarta| Mediaoposisi.com- Pasca melakukan tindakan kontroversial berupa candaan bernada agama, Joshua Suherman dan Ge Pamungkas merapat ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor), Senin (8/1) malam.  GP Ansor sendiri dikenal controversial karena mendukung penuh pembubaran ormas yang kritis terhadap pemerintah, HTI.

Achmad Budi Prayoga selaku Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor, kedua aktor sekaligus komika kontroversial tersebut datang untuk bersilaturahmi sekaligus meminta perlindungan karena ketakutan.
.
"Iya, kemarin, semalam, Joshua sama Ge Pamungkas memang hadir ke LBH Ansor. Ya, intinya pertama silaturahmi. Teman-teman komika ini silaturahmi ke Ansor. Mereka ini anak muda yang punya karya di bidang seni," tutur Achmad ketika dihubungi melalui telepon, Selasa (9/1).

Joshua dan Ge turut menyampaikan masalah yang tengah mereka hadapi karena pernyataan yang mereka sampaikan dinilai melecehkan Islam.

"Mereka menyampaikan masalah terkait materi mereka yang akhir-akhir ini jadi bahan kecaman dari beberapa orang dan dianggap menyinggung masalah agama. Jadi, mereka menyampaikan materi mereka seperti apa dan mereka minta pandangan Ansor," ucap Achmad.

Anehnya,  pihaknya menilai materi yang dibawakan oleh Joshua dan Ge tak menyinggung masalah agama. Justru, Ahmad mengapresiasi ucapan Joshua dan Ge yang dinilai berbagai kalangan  menyinggung masalah agama.

"Ya, itu wajar aja. Itu pandangan mereka gitu loh, pandangan mereka sebagai generasi muda," ujar Achmad.

Tanggapan yang disampaikan oleh LBH GP Anshor ini merupakan fenomena yang menyakitkan hati umat Islam, paalnya GP Anshor berkali kali menginginkan pembubaran ormas Islam yang kritis, HTI.

Ahmad sendiri menegaskan bahwa pihaknya siap mendampingi komika kontroversial tersebut dalam proses hokum.

“GP Ansor melalui LBH Ansor akan mendampingi Joshua dan Ge, mendampingi seluruh proses mediasi dan proses hukumnya,

Tak ayal muncul dugaan adu domba antar sesama umat Islam. Mengingat pelapor juga berasal dari kalangan umat Islam.

Sebelumnya, dikabarkan tribunnews, bahwa Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan mantan penyanyi cilik, Joshua Suherman, ke Bareskrim Mabes Polri, Selasa (9/1/2018) besok.
Pelaporan tersebut diduga adanya unsur penghinaan agama Islam saat melakukan stand up comedy beberapa waktu lalu

Ketua FUIB, Rahmat Himran, mengatakan bahwa pelaporan berdasarkan sebuah video yang beredar di beberapa media sosial, khususnya di Youtube.

“Kami sudah siapkan barang bukti berupa video dan komentar-komentar netizen di Youtube. Kami akan laporkan Joshua,” kata Rahmat ketika dihubungi Warta Kota, Senin (8/1/2018).

Laporan tersebut dinilai Rahmat penting dilakukan agar tidak terjadi lagi kasus-kasus yang sama.

Agama Islam memang menjadi mayoritas di Indonesia, serta memiliki banyak aturan terkait politik dan ekonomi serta sosial dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang membuat Islam dianggap mengekang kebebasan, tak heran para penista agama terus bermunculan bila tidak ada ketegasan hukum. Mirisnya, segelintir umat Islam justru membela penista agama dan menimbulkan konflik horizontal.

Bagaimana nasib mereka berdua, apakah Joshua akan menjadi Ahok kedua ? [MO]




Posting Komentar