Spesial Redaksi| Mediaoposisi.com- Beredar, surat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, tersangka penista agama Islam yang ingin bercerai dengan istrinya, Veronica Tan. Sontak hal ini menuai perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya Fahri Hamzah. Sekalipun Ahok telah menistakan agama Fahri, namun Fahri tetap berbesar hati menunjukkan kebesaran hatinya dalam kasus ini.

“Saya terus terang terkejut dengan berita itu dan belum percaya," kata Fahri, Senin (8/1). Ia pun menyayangkan terjadinya gugatan cerai mengingat pernikahan Ahok sudah berlangsung cukup lama.

Berdasarkan penelusuran mediaoposisi, tersebar berbagai isu mengenai alasan perceraian Ahok

Istri Selingkuh

Tribunnews menyebutkan  bahwa beredar kabar adanya pengusaha yang menjadi "pria idaman lain" dari Veronica Tan hingga membuat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menggugat cerai istrinya itu.

"Saya tidak tahu. Tunggu saja di persidangannya nanti," kata pengacara Ahok, Josefina saat ditunjukkan foto pengusaha yang diduga menjadi orang ketiga, di kantor hukum Fifi Lety Indra and Partners, kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Senin (8/1).

Josefina enggan menjelaskan lebih lanjut alasan Ahok menceraikan, karena itu dinilai ranah privasi, juga menyangkut kode etik pengacara dan kepercayaan klien

Pindah Agama

Dikutp dari suratkabar.id, netizen yang mendengar kabar perceraian Ahok-Vero turut gatal memenuhi kolom komentar pada foto yang diunggah oleh putra Ahok, Nicholas Sean Purnama.

Di kolom komentar foto yang diunggah pada 31 Desember 2017 itu, netizen juga sempat menyinggung soal kabar bahwa Ahok pindah agama.

“@nachoseann benarkah . Gw masi berharap berita nih hoax tp knp diam ya gk ada klarifikasi , sungguh menyakitkan jike benat apalg ujung2nya pak ahok pindah agama (maaf),” komentar akun @ing7169.

Pengguna Twitter juga sempat menuliskan hal serupa. Mereka menilai, Ahok menceraikan Vero karena pindah agama.

“Kecuali pindah agama, Ahok ga akan cerai. Krn sbagai Kristen yg taan pasti tau klo cerai hal yg dilarang,” tulis akun Twitter @DavidSinaga21.

Tiru Thaksin Selamatkan Asset

Dilansir dari rmol.co , terdapat analisa menarik mengenai kasus perceraian. Perceraian ini memiliki motif lain untuk menyelamatkan harta Ahok, seperti halnya Thaksin Shinawatra di Thailand. Bukan rahasia lagi, Ahok masih memiliki kasus hukum lain akibat kebijakannya semasa menjabat Gubernur DKI Jakarta, yaitu pengadaan lahan Sumber Waras.

Dugaan ini dikaitkan dengan video yang dibuat oleh pengacara senior Hotman Paris Hutapea. Hotman dalam video yang dibuat Minggu (31/12/2017), ia memaparkan tentang bagaimana cara penyelamatan aset bila ada gejala suami pailit atau harta suami terancam disita oleh pihak berwenang. 

Hotman menyarankan, suami dan istri menandatangani perjanjian pisah harta, memindahkan semua aset jadi nama istri. Ini sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi bahwa perjanjian pisah harta bisa dibuat sesudah menikah. Hotman mengatakan, apabila tidak dibuat, jika suami pailit maka seluruh harta gono-gini atas nama istri juga akan ikut dilelang untuk melunasi utang pailit atau untuk membayar utang suami.

"Amankan harta Anda dengan perjanjian pisah harta sesudah perkawinan," ungkap Hotman dalam video singkat tersebut. Terlihat indikasi bahwa Ahok-Veronica ini serupa dengan kasus perceraian mantan Perdana Menteri (PM) Thailand, Thaksin Shinawatra, dengan istrinya, Pojaman Shinawatra, pada 2008 silam.

Thaksin, yang dilengserkan lalu divonis inabsentia dua tahun penjara oleh pengadilan Thailand pada Oktober 2008 dengan tuduhan menyalahgunakan kekuasaan saat menjadi perdana menteri. Usai perceraian itu terberitakan, muncul analisa bahwa perceraian Thaksin bermotif melindungi aset-aset yang sebagian besar atas nama Pojaman.

Karena, usai perceraian itu sah, Thaksin tetap terlihat satu rumah dengan "mantan" istrinya dan berjalan-jalan berdua ke luar negeri

Mari kita simak bersama, kemana arah roda panas Ahok bergulir. [MO]

Posting Komentar