Hasil gambar untuk kerjasama china dengan indonesia

Yogyakarta| Mediaoposisi.com- “Kami mengamati China yang terus-menerus mengeluarkan uang besar-besaran untuk belanja militer, dengan menaikkan anggara pertahanan sebesar 12,2 persen per tahun langkah ini akan memicu kekhawatiran dari tetangga negaranya seperti Jepang dan negara-negara lainya di Asia.” Ujar pengamat politik Bambang Pranoto Bayu kepada Mediaoposisi, Rabu (22/11).
China mencurahkan sekitar tiga kali lipat lebih banyak dari India untuk anggaran pertahanan, dan lebih besar dari kombinasi belanja militer Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Vietnam.
Ia mengatakan belanja Beijing diperkirakan bakal menyamai Washington pada 2030, demikian perkiraan International Institute for Strategic Studies pada Februari lalu, sambil memberi catatan bahwa setelah itu masih butuh beberapa tahun lagi bagi China, untuk menyamai kemampuan, pengalaman dan keahlian AS.
Foto Bambang Pranoto Bayu Aji.
Bambang Pranoto
“Lompatan-lompatan agresif dan taktis China menjadikan kecemasan negara tetangganya dan AS mendorong mereka memperkuat kerjasama dengannya.” Ujar Bambang.
Bambang menilai Beijing mengamankan politik militer mereka dengan persiapan perang sebagai pijakan politik luar negerinya sekaligus membangun China menjadi sebuah kekuatan maritime regional.
“Dalam konteks situasi ASEAN terhadap Laut Cina Selatan yang sempat memanas tahun lalu, tampaknya Cina bermanuver agar tidak tercipta  suara bulat dalam keputusan-keputusan yang diambil ASEAN terkait berbagai isu. Cina memang ingin agar ASEAN tidak berhasil mencapai suara bulat. Cina nampaknya lebih senang menjalin hubungan bilateral dengan masing-masing negara ASEAN daripada hubungan Cina-ASEAN. Cina lebih cenderung menerapkan pendekatan bilateral.” Papar bambang.
Ia menambahkan dominasi proyek infrastruktur oleh Tiongkok yang dimasukkan dan dijalankan melalui rezim Jokowi itu akan membuat cengkeraman asing Timur menancap di negeri ini.

“Cengkeraman oleh Timur itu melengkapi cengkeraman oleh Barat yang sudah lebih dulu menancap kuat dan terus diperdalam.” Imbuhnya. [MO]

Posting Komentar