Kendari| Mediaoposisi- Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai perbedaan dan keberagaman sebagai berkah. Oleh karena itu keberagaman sudah menjadi identitas khas negeri yang haram diperdebatkan.

"Kesepakatan untuk bersatu dalam keberagaman sudah selesai 71 tahun lalu. Bangsa Indonesia harus move on," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengatakan hal itu saat menyampaikan orasi ilmiah di Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (4/8).

Di forum itu,Zulkifli tegas mengecam klaim sepihak kelompok yang mengatasnamakan Pancasilais dan toleran untuk menjegal kelompok lain yang berbeda pandangan.

"Karena Pancasila, kita bersatu, dan karena Pancasila, kita gotong royong ingin sejahtera bersama. Hentikan menebar stigma atas nama Pancasila," tegasnya.

Pernyataan ini tampak menyindir pemerintahan Jokowi, terutama pasca penerbitan perppu no 2 tahun 2017 tentang ormas. Perppu tersebut menuai kecaman hingga judicial review ke MK karena banyak pihak menilai perppu tersebut dapat digunakan oleh pemerintah secara sepihak untuk membubarkan pihak tertentu yang dinilai anti pancasila tanpa pengadilan.

Posting Komentar