Uji Cob Rudal Balistik Korut Ke Arah Jepang



Seoul| Media Oposisi - Korea Utara meluncurkan uji coba rudal balistik pada Jumat (28/7) malam. Rudal tersebut dikabarkan mendarat di laut Jepang. 

Dilansir BBC, mengutip dari Yonhap, Jumat (28/7/2017), Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan, rudal tersebut melintasi langit Jepang sekitar 45 menit. Durasi itu lebih lama dari uji coba sebelumnya yang dilakukan pada awal Juli. 

Yoshihide mengatakan, rudal tersebut diperkirakan mendarat di laut yang merupakan Zona Eksklusif Ekonomi (ZEE) Jepang. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe langsung mengadakan pertemuan badan keamanan nasional pada Sabtu (29/7/2017) dini hari waktu setempat. 

Senada dengan Shinzo, Presiden Korea Selatan Moon Jae-In juga melakukan pertemuan keamanan darurat pada malam ini. 

Uji coba peluncuran rudal hari ini adalah yang ke-14 kali dilakukan pada 2017 ini. Seperti diketahui, Korut saat ini tengah berupaya mengembangkan sebuah ICBM yang mampu membawa muatan nuklir dan mampu menjangkau daratan AS. Rezim Korut terus mengabaikan berbagai peringatan dari dunia internasional, yang mengecam program rudal dan nuklir negeri komunis itu. 
[Mo]

Posting Komentar